Komplek IstIstana Kerajaan Rokan IV Koto


Kecamatan Rokan IV Koto memiliki peninggalan sejarah yang sangat berharga pada abad ke-18 telah berdiri sebuah perkampungan Kerajaan Rokan IV Koto, dari beberapa bangunan yang ada berdiri megah sebuah istana yang telah berumur 200 tahun dengan arsitektur Melayu Rokan yang khas, dengan ukiran naga-naga yang khas, serta berbagai ukiran tumbuhan menghiasi sisi tertentu istana, tidak saja istana juga beberapa rumah yang telah direnovasi juga terdapat ukiran-ukiran Melayu Rokan yang indah
Di depan istana terdapat tiga tangga yang melambangkan tangga kerapatan daerah Rokan IV Koto yang terdiri dari, penguasa, Adat dan Alim Ulama yang disebut dengan tali berpilin tiga. Opjek dan Dayatarik Cagar Budayaini dapat di tempuh dengan kendaraan apa saja dengan jarak tempuh 64 Km dari pasir Pengeraian dan akan lebih dekat jika dari Kota Ujung Batu.
Selain istana di areal sekitar 4 Ha ini dapat ditemui rumah-rumah persukuan yang masih terpelihara suasana masa lampaunya, seperti rumah suku Mais, suku Modang, suku Melayu, dan lain sebagainya. Selain rumah dan benda cagar budaya lain, disini juga terdapat beberapa makam kerajaan dan para tetua suku yang berkuasa di masa dahulu.
sumber : http://wisatarohul.wordpress.com