Festival Lembah Baliem

Festival budaya selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Pengetahuan baru tentang budaya etnis tertentu dan semarak pertunjukan kesenian tradisionalnya tentu mengundang decak kagum terutama bagi para pengunjung festival yang belum pernah melihatnya.

Bagi Anda yang senang menghadiri festival seperti itu, sangat direkomendasikan untuk datang ke Festival Lembah Baliem 2010 yang diadakan di Papua mulai 9 hingga 12 Agustus mendatang. Festival yang akan digelar di Desa Wosilimo, Wamena ini akan menampilkan pertunjukan dari beragam suku yang bermukim di dataran Wamena hingga Lembah Baliem.

Festival Lembah Baliem menampilkan tari-tarian adat khas masing-masing suku. Para pengunjung melihat keunikan corak yang terlukis di wajah dan badan para penarinya.

Ada pula aksi lempar tombak yang didemonstrasikan oleh warga suku di sana. Menariknya, pengunjung pun diperbolehkan untuk ikut mencoba lempar tombak ini. Selain melempar tombak, pengunjung juga akan diajarkan cara memanah ala masyarakat Papua yang sehari-harinya biasa berburu. Tombak dan panah secara kultural memang sangat dekat dengan kehidupan penduduk asli Lembah Baliem.

Pengunjung juga bisa melihat dan masuk ke dalam Honai, rumah adat Papua, yang selama ini mungkin hanya bisa dilihat gambarnya di buku ataupun televisi.
Festival Lembah Baliem 2010 memperlihatkan keunikan budaya asli Papua.

sumber : http://wisatapapua.wordpress.com

Comments