Sepuluh Reruntuhan Inca di Machu Picchu (1)

Sepuluh Reruntuhan Inca di Machu Picchu 1

Sacsahuaman -- nationalgeographic.com/Gonzalez, Laif/Redux

BARU-baru ini Machu Picchu terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Baru Dunia. Tapi tahukah Anda bahwa di Peru terdapat benteng-benteng peninggalan Suku Inca yang spektakuler? Berikut ini tempat yang kami rekomendasikan seperti kami kutip dari laman nationalgeographic.com.

1. Sacsahuaman

Tempat Inca pertama yang mengalami kehancuran terbesar adalah Sacsahuaman. Lokasinya berada di luar Machu Picchu, namun menghadap langsung ke kota Cusco. Untuk sampai ke sini, setidaknya Anda bisa berkendara dengan taksi selama satu jam.

Sacsahuaman diyakini dulunya adalah kerajaan dan benteng. Dinding-dindingnya itu yang berbentuk kotak diperkirakan memiliki berat sebesar 300 ton. Wah, sangat berat juga ya!

2. Vitcos/Yurak Rumi

Yurak Rumi atau "White Rock" dalam bahasa Quechua adalah sebuah batu granit yang berukir dengan ukuran sebesar bus kota, yang dulunya dipakai sebagai salah satu kuil paling suci di Kekaisaran Inca.

Istana utama di sini pun berukuran besar dan tingginya bisa mencapai lebih dari 200 kaki. Vitcos atau Yurak Rumi ditemukan pertamakali oleh Hiram Bingham pada tahun 1911 untuk mencari kota Inca yang hilang di Peru.

3. Pisac

Dari Cuso timur, Anda bisa berkendara satu jam menuju reruntuhan Inca yang dulunya terkenal sebagai daerah pengairan dan pertanian. Pisac berada di depan Sungai Urubamba dan Lembah Suci yang sangat baik.

Kota Pisac terletak di bawah reruntuhan Inca. Di kota ini juga terdapat pasar lokal yang menawarkan kerajinan-kerajinan populer. Jangan heran dengan bangunan-bangunan keagamaan di Machu Picchu umumnya penuh teka-teki.

4. Ollantaytambo

Ollantaytambo adalah sebuh permukiman yang menjadi tempat pembuktian atas kemenangan tentara Inca terhadap orang-orang Spanyol yang datang pada tahun 1536.

5. Cusco dan Koricancha

Nama Cusco dapat diterjemahkan sebagai "pusar dunia", dan kota suci ini pernah menjadi daerah perhubungan oleh Kekaisaran Inca. Cusco juga merupakan rumah bagi istana penguasa.

Sebagian besar bangunan Inca asli dihancurkan oleh penjajah, tetapi beberapa dinding-batu terkenal masih tetap berdiri. Dinding-dindingnya saja begitu baik dan tahan gempa. Namun situs paling suci dari semua itu adalah Koricancha atau candi matahari.(*/X-13) Penulis : Rimbo Alfred (Bersambung)

sumber : media indonesia

Comments