Sepuluh Reruntuhan Inca di Machu Picchu (2)


Sepuluh Reruntuhan Inca di Machu Picchu 2

Moray -- nationalgeographic.com/an Wood, Alamy

BARU-baru ini Machu Picchu terpilih sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Baru Dunia. Tapi tahukah Anda bahwa di Peru terdapat benteng-benteng peninggalan Suku Inca yang spektakuler? Berikut ini kelanjutan lokasi reruntuhan Inca di Machu Picchu seperti kami kutip dari laman nationalgeographic.com.

6. Moray

Sekilas tempat ini mirip dengan lingkaran crop circle yang pernah ramai diberitakan di Bantul, Yogyakarta. Namun, Moray tetaplah situs arkeologi yang unik lantaran disebut sebagai lansekap Inca terekstrim.

Tiga lubang besar pada area pertanian ini, masing-masing terbagi atas lingkaran yang indah dan bersusun seperti anak tangga. Kedalaman lingkaran Moray pun diperkirakan bisa mencapai 100 kaki dan meilingkar pada sumbu 20 derajat.

7. Choquequirao

Choquequirao terletak di atas bukit. Dari sini Anda bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Ini merupakan situs yang paling menakjubkan dari setiap situs Inca di Machu Picchu.

Selain reruntuhan menarik, di sekitar Choquequirao juga terdapat lembah yang bisa dikunjungi dengan menuruni bagian bukit yang curam dalam beberapa mil saja.

8. Isla del Sol

Menurut mitos, pulau di tengah Danau Titicaca ini diciptakan orang-orang Inca ketika sebagian daratan di bumi pernah ditenggelamkan oleh lautan. Isla del Sol adalah sebuah pulau di di sisi Danau Bolivia yang memiliki puluhan reruntuhan Inca.

Di antara tempat wisata yang paling mengesankan adalah struktur labirin yang disebut sebagai Chincana (atas) dan Batu Puma (Rock Puma) yang dikenal dengan nama suci Titi Khar'ka.

9. Tipon

Untuk membuat saluran air Tipon, tidaklah mudah. Tipon memiliki struktur batu yang indah seperti yang ada di Machu Picchu, dibangun dengan gaya kekaisaran Inca, dengan pintu trapesium, dan dilengkapi dengan dinding batu yang halus.

Tipon adalah saluran irigasi (perairan) yang dibuat oleh insinyur- insinyur Inca yang memiliki pemikiran brilian. Saluran ini masih berfungsi setelah lima abad setelah penaklukan Spanyol.

10. Huchuy Cusco

Huchuy Cusco atau "Little Cusco" di Quechua diyakini telah dibangun oleh seorang kaisar pertama Inca untuk menandai penaklukan dari suku saingan terdekat. Tempat yang paling dikenal untuk sejumlah pengunjung adalah Lembah Suci.

Uniknya reruntuhan ini bisa diakses dengan berjalan kaki, dan dapat dicapai dari (Big) Cusco dalam waktu kurang dari satu hari, membuat mereka perjalanan semalam populer. Sebagian besar perjalanan menanjak melalui ngarai yang berkelok-kelok dan berbatu.(*/X-13)
Penulis : Rimbo Alfred

sumber : mediaindonesia.com

Comments