Memancing di Pulau Kubur


KUBURAN biasanya identik dengan mayat dan lokasi yang menyeramkan. Tapi tidak demikian dengan Kubur yang satu ini. Pulau Kubur merupakan salah satu tempat yang kaya akan biota lautnya, bak surganya para pemancing.
Pulau yang indah ini terletak di daerah pesisir Kota Bandar Lampung, tepatnya di daerah Kecamatan Telukbetung Barat. Pulau Kubur adalah ibu kotanya Kecamatan Telukbetung Barat.
Untuk menuju pulau ini, wisatawan bisa menggunakan transportasi perahu mesin melalui TPI Lempasing atau Pantai Puri Gading. Perjalanan yang ditempuh kurang lebih 10-15 menit.
Pulau kecil seluas 5 hektar ini bisa terlihat jelas dari pesisir pantai Kota Bandar Lampung, karena jaraknya yang sangat dekat.
Menurut cerita, pulau ini dinamakan Pulau Kubur karena sering dijadikan tempat upacara pembuangan abu jenazah yang dikremasi ke laut.

Karena kaya akan biota lautnya, pulau ini banyak dihuni para nelayan. Mereka membangun pulau yang tadinya kosong ini dengan hunian yang tidak jauh dari pesisir pantai. Di balik pemukiman tumbuh pepohonan yang menutupi perbukitan di baliknya.
Di Pantai Kubur ini banyak terdapat ikan dan kerang, tapi tak sedikit juga masyarakat yang berburu bulu bali di tempat ini. Saat air surut, biasanya ratusan kerang tampak berkeliaran di pinggir pantai dan mudah untuk ditangkap.

sumber : http://indonesiantourinfo.blogspot.com

Comments