Alam Berpadu Selaras di Danau Mooat

Alam Berpadu Selaras di Danau Mooat

wisatamelayu.com

SULAWESI Utara mempunyai objek wisata yang sudah terkenal di dunia yaitu Taman Laut Nasional Bunaken. Meski begitu, provinsi ini masih mempunyai objek wisata menarik lainnya seperti Danau Mooat yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Danau Mooat adalah danau yang terbentuk di bekas kubangan kawah purba dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (dpl). Danau yang menjadi bagian dari Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang ini juga memiliki fungsi sebagai penyedia air bagi areal pertanian di Kabupaten Bolaang Mandondow yang terkenal sebagai lumbung padi Provinsi Sulawesi Utara.

Berlatarkan perbukitan hutan hujan yang lebat serta hamparan tanaman sayur-mayur, Danau Mooat menjanjikan pesona tersendiri. Di sini, Anda dapat menikmati hawa sejuk pegunungan dengan udaranya yang masih segar dan bebas polusi. Ini membuat Danau Mooat sangat pas untuk berlibur dan menenangkan diri.

Berdiri di tepi Danau Mooat, Anda akan melihat hamparan air jernih yang memantulkan cahaya matahari. Bayang-bayang pohon yang tumbuh dengan lebat di sekitar danau juga memantul selaras di atas air. Sesekali, kicauan burung dan derik serangga akan terdengar dari kejuhan.

Anda jangan hanya mengagumi keelokan danau, cobalah kegiatan memancing yang pastinya seru. Di Danau Mooat memang terdapat banyak ikan air tawar seperti ikan mas ataupun ikan nilem. Anda bisa memancing ikan-ikan tersebut dari tepi danau atau menyewa perahu nelayan untuk memancing ke tengah danau.

Selain memancing, Anda bisa berjalan kaki menyusuri tepian danau menuju Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang. Di kawasan ini Anda dapat melihat dan mengamati beraneka ragam kekayaan flora dan fauna Indonesia.

Tak jauh dari Danau Mooat terdapat pula sebuah danau kecil yang dikenal dengan nama Danau Tondok. Jika Anda memiliki waktu liburan yang panjang, tak ada salahnya untuk bermain sejenak menikmati keindahan alam Danau Tondok.

Bila tertarik datang berkunjung ada baiknya Anda membawa kendaraan pribadi demi kenyamanan perjalanan. Bisa juga menyewa mobil dari Kotamobagu atau menggunakan jasa agen perjalanan dari Gorontalo.

Danau Mooat yang berjarak sekitar 17 kilometer dari Kotamobagu dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Sedangkan jika berangkat dari Gorontalo, Anda memerlukan waktu sekitar 3 jam.

Tiket masuk kawasan wisata Danau Mooat sangat terjangkau, hanya Rp2.500 per orang. Sedangkan tarif parkir untuk mobil Rp1.000 dan motor Rp500 (April 2010). (wisatamelayu/*/X-13)
sumber : Mediaindonesia.com/wisatamelayu.com

Comments