Nyamannya Mandi Air Panas Lombongo



SEBAGAI daerah vulkanis, Gorontalo juga memiliki beberapa sumber air panas alami. Salah satu yang terkenal adalah Mata Air Panas Lombongo. Mata Air Panas Lombongo berada di tengah keindahan alam pedesaan. Anda dapat merasakan kenyamanan mandi air panas (hangat) alami di lokasi ini sambil menikmati berbagai atraksi kesenian tradisional.

Lokasi Obyek Wisata Gorontalo
Mata Air Panas Lombongi terletak di Desa Duwano, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bonebolango, Provinsi Gorontalo, Indonesia. Berjarak hanya sekitar 17 kilometer dari Kota Gorontalo.

Gambaran Umum
Air panas alami keluar dari sela-sela bebatuan pada sumur vulkanis yang terdapat di Desa Duwano. Pengelola mengalirkan air panas itu dan menyediakan kolam untuk berendam. Kehangatannya begitu alami dan kandungan mineral pada air yang menyentuh kulit dipercaya penduduk setempat dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.



Luas kolam air hangat ini adalah 500 meter persegi. Cukup luas bagi Anda untuk berendam dan bermain di dalamnya. Namun bagi Anda yang tidak ingin mandi air hangat, pengelola juga menyediakan kolam air dingin yang sejuk.

Sementara itu, Anda dapat pula mengunjungi dan melihat sumur vulkanis tempat air panas itu muncul. Asap putih membumbung dari celah-celah bebatuan. Penduduk dan wisatawan seringkali memanfaatkan sumur air panas ini untuk merebus telur. Cukup rendam beberapa menit, telur rebus siap disantap.

Akses
Perjalanan ke Pemandian Air Panas Lombongo dapat ditempuh dengan menggunakan mobil sewa maupun ojek.

sumber : orbit99tours.blogspot.com

Comments