Mata Air Abadi Taluhu Barakati

TALUHU Barakati adalah mata air alami abadi yang tidak pernah berhenti memancarkan air. Masyarakat setempat menamainya Taluhu Barakati yang berarti mata air berkah dari Tuhan. Air yang memancar sangat jernih dan sejuk. Obyek wisata ini telah dikelola dengan baik. Anda dapat mandi sepuasnya di sini sambil menikmati keindahan alam.

Lokasi Obyek Wisata
Taluhu Barakati terletak di Desa Iluta, Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Indonesia. Berjarak hanya sekitar 30 kilometer dari Kota Gorontalo.

Gambaran Umum
Masyarakat Gorontalo punya legenda, Taluhu Barakati adalah tempat pemandian permaisuri dan kerabat kerajaan Batudaa, lebih dari lima abad yang lalu. Kini, karena keindahannya, obyek wisata ini digunakan untuk event Pemilihan Putra-Putri Gorontalo yang dikenal dengan nama Nou & Uti.

Objek wisata Taluhu Barakati ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, yaitu dua kolam renang. Satu kolam dangkal untuk anak-anak dan satu lagi relatif lebih dalam untuk orang dewasa. Ada pula tribun untuk menyaksikan berbagai lomba, kamar ganti pakaian, dan tempat peristirahatan terbuka.

Sekitar 20 meter dari tempat ini terdapat makam Raja Panipi, yaitu raja yang pernah memimpin masyarakat setempat pada masa raja-raja dua abad lalu. Tak hanya itu, dekat dengan obyek Wisata ini pula terdapat Batu Buaya dan Batu Babi, dua batu unik yang berbentuk buaya dan babi.

Akses
Taluhu Barakati sangat mudah diakses karena terletak di tengah kota. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau fasilitas jasa perjalanan wisata dari Kota Gorontalo. Perjalanan hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja.

sumber : orbit99tours.blogspot.com

Comments