Jelajah Taman Rawa Aopa Watumohai

RAWA Aopa Watumohai adalah taman nasional dengan kekayaan alam yang luar biasa. Taman ini merupakan suaka margasatwa, wilayah konservasi vegetasi, dan menyimpan puluhan obyek yang menarik. Anda yang suka berpetualang, tak ada salahnya untuk menjelajah Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Lokasi Obyek
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai membentang seluas 105.194 hektare. Taman nasional ini meliputi empat daerah, yaitu Kabupaten Kolaka, Kendari, Konawe Selatan, dan Buton.

Gambaran Umum
Sebelum ditetapkan sebagai Taman Nasional, kawasan ini merupakan Suaka Margasatwa Rawa Aopa dan Gunung Watumohai. Kawasan ini memiliki empat ekosistem utama, yaitu mangrove
(hutan bakau), hutan daratan, savanah, dan rawa. Tahun 2002, kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional.

Rawa Aopa 3Dari empat ekosistem utama itu, rawa adalah kawasan terbesar. Luasnya mencapai 11 ribu hektare. Kawasan ini menyimpan kekayaan flora dan fauna yang sangat besar dan beragam. Terdapat 500 jenis flora, ratusan spesies satwa, dan 38 jenis burung endemik yang hanya bisa dijumpai di Pulau Sulawesi.

Di taman ini, Anda dapat melakukan hiking serta camping di Gunung Watumohai-Mendoke, bersampan, memancing dan mengamati burung di Rawa Aopa, menjelajah hutan dan mengamati kehidupan satwa liar (burung, rusa kera, kupu-kupu), dan hidup di rumah pohon di Hutan Pendidikan Tatangge.

Anda juga bisa menjelajah mangrove di Pantai Lanowulu, bersafari sambil mengamati rusa yang hidup di alam liar, dan menikmati savana di Lanowulu-Langkowala. Yang spektakuler adalah menikmati cantiknya Air Terjun Pinanggosi dengan suara air menderu jatuh dari ketinggian
30 meter.

Cara termudah untuk menikmati taman nasional adalah melalui daerah Rawa Aopa yang bisa dicapai sekitar dua jam dari Kendari. Di sini, Anda dapat menjelajah rawa yang luas dengan perahu sambil meresapi pemandangan dan mengamati aneka jenis burung yang beterbangan.

Rawa Aopa 2Setelah mendayung sekitar 30 menit, singgahlah di Pulau Harapan 1. Ini adalah satu dari dua pulau di tengah rawa. Di pulau ini terdapat sebuah bangunan dan menara setinggi sekitar 15 meter. Anda bisa menggunakannya untuk beristirahat.

Nikmati bentangan rawa luas dengan latar belakang gugusan pegunungan yang menawan. Sejauh ini, pengunjung tempat ini kebanyakan adalah para peneliti. Namun bukan berarti wisatawan dilarang mengunjungi kawasan ini.

Akses
Ada beberapa gerbang untuk memasuki taman nasional ini. Pertama dari Kantor TNRAW di daerah Lanowulu, yang berjarak 150 kilometer dari Kendari. Kedua, dari Rawa Aopa yang berjarak 120 kilometer dari Kendari. Lokasi akses kedua itu adalah cara akses yang paling mudah seperti dipaparkan di atas.

Jika Anda ingin menjelajah mangrove, meluncurlah ke Pantai Lanowulu dengan boat selama 45 menit dari Kendari. Namun ini rute riskan. Pilihan yang lebih mudah dan aman adalah menuju Tinanggea dengan mobil dari kendari. Kemudian dilanjutkan menuju muara Lanowulu dengan speedboat selama 45 menit. Speedboat dapat disewa dari masyarakat setempat.

Izin Masuk
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai adalah kawasan konservasi yang sangat dilindungi. Karena itu, seluruh wisatawan yang masuk ke kawasan ini harus mengantongi izin dari pengelola. Izin masuk kawasan bisa Anda dapatkan di:

Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (Kantor Perwakilan Kendari)
Desa Lanowulu, Kecamatan Tinangggea, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara

sumber : orbit99tours.blogspot.com

Comments