Do and Don’t di Thailand

Sebagaimana di negeri kita, di negeri Thailand tentu juga punya budaya dan kebiasaan yang harus di hormati. Agar terhindar dari masalah, tentu saja selama kita berada dalam kunjungan disini harus menghormati budaya dan adat istiadat mereka, sebagaimana pepatah, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Sebagaimana negeri yang berada di belahan timur, sebenarnya budaya Thailand tidak jauh berbeda dengan negara kita. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihormati selama berada di Thailand agar terhindar dari masalah :

Pertama, Patung Budha. Budha merupakan agama mayoritas di Thailand, dan simbol tuhannya adalah patung budha. Patung ini selalu dihormati dan berada di tempat yang tinggi.

Kedua, Raja. Raja Thailand dan keluarganya sangat dihormati rakyatnya, di jalan2 dan di gedung banyak sekali ditemui foto2 raja dan ratu. Melakukan tindakan yang dianggap melecehkan keluarga kerajaan bisa dianggap sebagai tindakan kriminal. Jangan sampai waktu kita kesana kita menghina atau berbicara negatif mengenai Raja dan keluarganya kalau tidak mau masuk penjara.

Ketiga, Biksu, bagi masyarakat Thailand, biksu merupakan penghubung antara manusia dan sang budha, jadi kedudukan mereka sedikit lebih tinggi.

Keempat, Bendera dan lagu kebangsaan, di kantor2 baik pemerintahan ataupun swasta, di sekolah dan di tempat umum lainnya, tiap pagi jam delapan ada proses penaikan bendera, ketika ada kativitas ini semua kegiatan harus dihentikan dan menghadap ke bendera, baik yang sedang berjalan, ngobrol atau aktivitas lainnya.

Kelima, hal-hal yang berkaitan dengan kontak fisik, sama dengan indonesia, kepala merupakan benda yang sakral, jadi tidak boleh dipegang. Begitu juga kaki, mengangkat telapak kaki terlalu tinggi dan menghadap ke muka orang merupakan tindakan yang kurang sopan. Menunjuk dengan kaki juga sangat tidak sopan, sama kan dengan Indonesia. Berikutnya aturan tangan, sama lagi, tangan kanan dianggap lebih bagus dan lebih sopan, jadi kalau memberi atau menerima sesuatu, gunakanlah tangan kanan. Begitulah beberapa nilai dan budaya masyarakat thailand. Semoga bisa menjadi panduan ketika anda berkunjung ke negara ini.

Keenam, kalau sewaktu-waktu lagi nonton bioskop di Thailand biasanya di awal pertunjukan, bioskop akan memutar video mengenai Raja dan diiringi oleh lagu kebangsaan. Ingat untuk langsung berdiri bersama dengan orang-orang yang lain sampai lagu dan video tersebut selesai. Ini adalah salah satu penghormatan rakyat Thailand terhadap warganya dan tak terkecuali warga negara asing.

Ketujuh, Sewaktu berkenalan dengan wanita di Thailand sebaiknya jangan pernah tanyakan apakah dia sudah menikah atau belum, dan hindari pertanyaan soal umur. Di Thailand banyak wanita yang memutuskan untuk tidak menikah atau menikah di usia tua (40 tahunan). Mereka juga akan merasa tersinggung apabila kita menanyakan umur mereka.

Kedelapan, di Thailand ada satu festival yang terkenal namanya Songkrang, biasanya pas musim panas yaitu bulan March-April. Di festival itu semua orang akan turun dijalan-jalan dan menyiram air kesemua orang baik local maupun turis. Jangan marah bila mereka melakukan hal ini dan banyak juga dari mereka yang akan menyentuh badan kita untuk melumurkan tepung. Kalian juga bisa melakukan hal serupa kemereka dan mereka tidak akan marah.

Sumber : Adehendra.com/liburan.info

Comments