Pesona Pulau Pasir Putih Sibolga

Pulau Pasir Putih merupakan pulau kecil dengan luas sekitar 2,5 Hektar. Pulau ini menawarkan pesona tiada tara. Pantainya berpasir putih, lautnya biru, dan perbukitan berhutan perawan. Semuanya indah dipandang mata. Pulau Pasir Putih dulunya dikenal dengan nama Pulau Puteri. Andalan utama pulau ini keindahan pantai dan lautnya. Pantainya berpasir halus dan putih. Jajaran pohon kelapa tumbuh anggun di sepanjang bibir pantai, menambah keindahan pantainya. Di pulau ini kita dapat memandang hamparan samudra luas, sambil menghirup udara segar bebas polusi.

Lautnya berair jernih sehingga dengan mata telanjang kita dapat menikmati ikan-ikan berlarian kesana kemari. Di dalamnya juga terdapat hamparan terumbu karang yang dihuni sejumlah ikan hias warna-warni. Sekeliling pulaunya dipagari hutan. Belum lagi perbukitan yang ditumbuhi hutan perawan sebagai tempat idaman sejumlah jenis burung dan biawak. Pemandangan yang ditawarkan pulau ini, tentunya bikin kita betah berlama-lama.

Di pulau ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas bahari yang menyenangkan. Kita bisa memancing sepuasnya. Ada berjenis ikan di lautnya, antara lain ikan kerapu yang menjadi incaran para pemancing. Kita dapat memancing tanpa harus ke tengah lautan, cukup berjarak sekitar 50 hingga 100 meter dari pantai dan duduk santai di atas bebatuan. Berbagai jenis ikan dengan mudah memakan umpan yang kita jatuhkan ke laut. Selanjutnya ikan kita bakar di tepi pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Kita juga bisa berenang di pantainya tanpa perlu cemas tersapu ombak. Pilihan lain menyelam menikmati pemandangan bawah airnya yang mempesona berikut biota lautnya. Kalau malas berbasah ria, kita bisa berteduh dengan ayunan di bawah kerindangan pepohonan di tepi pantainya sambil membaca buku favorit.

Meskipun pulau ini mungil namun keindahan yang ditawarkan cukup besar. Wajar kalau warga dari luar Kota Sibolga berdatangan, terutama para pencinta alam. Selain itu tentunya warga Sibolga dan beberapa perusahaan yang mengadakan liburan bersama. Pulau ini juga kerap dijadikan sebagai lokasi liburan akhir pekan oleh keluarga.

Tips Perjalanan

Pulau Pasir Putih berada di perairan Sibolga, berdekatan dengan Pelabuhan Sibolga Tapanuli Tengah. Mudah menjangkaunya. Dari Terminal Amplas di Jalan Sisingamangaraja, Medan kita bisa naik mobil L300 atau KUPJ ke Sibolga. Ongkosnya Rp 80 ribu per orang. Waktu tempuhnya selama delapan jam. Selanjutnya menyewa perahu boat. Biayanya P/P Rp 75.000 per orang. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dengan menggunakan kapal boat kecepatan 100 pk.

Disarankan berangkat ke pulau ini selagi masih pagi, sekitar pukul 8-an untuk menghindari terik matahari. Bawa perbekalan air minum dan makanan kecil. Gunakan suncream untuk mengurangi sengatan matahari. Bawa serta perlengkapan renang, mancing dan lainnya. Kalau ingin menyelam, dapat menyewa perlengkapannya di rental hotel.

Di pulau ini tersedia penginapan sederhana berupa rumah pondok yang dilengkapi ruang berkumpul untuk membakar ikan hasil memancing. Kalau ingin jalan-jalan keluar pulau dapat menyewa perahu.

Sumber : Majalah Travel Club/liburan.info

Comments