Kungkungan, Sulut; Nikmati Keindahan Bawah Laut

Bagi masyarakat Indonesia, Kungkungan Bay Resort bisa jadi kalah kondang dibanding Taman Nasional Bunaken sebagai tempat wisata bahari di Sulawesi Utara (Sulut). Namun di mata turis mancanegara, Kungkungan menjadi salah satu tempat wisata bawah laut favorit yang wajib dikunjungi. Maka, tidak heran jika pengunjung Kungkungan lebih didominasi turis asing ketimbang wisatawan Nusantara.

Kungkungan tak terlalu sulit dicapai. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari Kota Manado anda harus terlebih dahulu menuju Kota Bitung. Perjalanan Manado-Bitung ini butuh waktu sekitar dua jam. Sesampainya di Bitung, perjalanan selama 20 menit berikutnya dilakukan dengan menyusuri jalan terjal berliku menuju Selat Lembeh, tempat Kungkungan berada.

Perjalanan jauh dan berliku pasti akan membuat badan terasa lelah dan letih. Namun jangan kaget, begitu anda menapaki pasir dengan mata tertuju pada air laut yang kehijauan di sekitar Kungkungan, punahlah rasa lelah dan letih itu.

Untuk pelancong yang baru saja tiba, petugas resor biasanya akan membagikan roti tawar. Jangan salah, roti tersebut bukan untuk cemilan selamat datang, tapi untuk umpan ikan-ikan laut. Kerumunan ikan warna-warni yang berebut remah-remah roti dari pengunjung merupakan pemandangan khas Kungkungan yang konon tak dimiliki resor lain.

Air laut Kungkungan nyaris tak berombak, lantaran letak geografisnya yang berada di bawah bukit. Selain itu, Kungkungan juga diapit dua pulau kecil: Pulau Lembe dan Pulau Serena, yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Air laut yang tenang dan jernih itu memungkinkan pengunjung mengamati ekosistem laut seperti bintang laut biru, ikan ekor kuning, atau ikan julung-julung dengan mata telanjang.

Luas lahan Kungkungan sendiri hanya sekitar empat haktare. Didirikan sekitar tahun 1995 atas kerja sama swasta dengan Pemkot Bitung, Kungkungan dibangun dengan tujuan wisata diving dan snorkeling. Untuk menciptakan kesan private, pengelola sengaja hanya membangun 17 bungalow yang semuanya menghadap ke laut.

''Karena tempat terbatas, para turis biasanya sudah booking dari jauh hari,'' kata Asisten Manajer Kungkungan Bay Resort, Rustam Talengkera. Menurut Rustam, minat wisatawan mancanegara untuk merasakan keindahan panorama Kungkungan sangat tinggi.

Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat hunian bungalow yang selalu full booked sepanjang tahun. Bahkan, untuk memastikan bisa menyelam di sekitar Kungkungan, lanjut Rustam, pernah ada turis yang mem-booking kamar dua tahun sebelumnya dengan sistem pembayaran penuh di muka.

Soal tarif berwisata di Kungkungan, lanjut Rustam, sebanding dengan fasilitas wisata yang disajikan. Untuk turis domestik, harga sewa bungalow antara Rp 700 ribu sampai Rp 900 ribu per hari. Sementara untuk turis asing, harga bisa dua kali lipat lebih mahal dengan kurs dolar AS. Jika ingin menyelam, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 180 ribu per jam. Sementara tarif snorkeling, Rp 120 ribu per jam.

Di perairan Kungkungan, sedikitnya terdapat 38 titik selam dengan kedalaman 12 hingga 15 meter. Ketika menyelam di Kungkungan, anda akan menyelam bersama instruktur profesional dari Eco Divers. Para instruktur juga merangkap sebagai juru foto untuk memastikan wisata bawah laut anda terabadikan. Demi kenyamanan menyelam, setiap kelompok dibatasi hanya empat orang penyelam untuk tiap satu instruktur.

Beragam ikan laut dan gugusan karang yang indah merupakan panorama khas bawah laut Kungkungan. Bahkan jika beruntung, saat menyelam anda bisa bertemu spesies langka seperti kuda laut kerdil, ikan katak berbulu lebat, ikan kalajengking ambon, hingga ikan pipa kembang. Selesai menyelam, anda bisa kembali ke resor untuk mandi air hangat atau sekadar berenang di kolam renang mini.

Ketika perut terasa lapar, anda bisa menyambangi restoran a la carte yang buka 24 jam dengan menu masakan Barat dan tradisional Indonesia. Jika masih ingin dimanjakan, terapi pijat tradisional Indonesia bisa anda coba. Jangan khawatir, para pemijatnya berpengalaman. ''Saat ini kami juga sedang membangun fasilitas spa untuk melengkapi kenyamanan pengunjung,'' tambah Rustam. (rn)

sumber : perempuan.com

Comments