Hawaii; Di Manja bak Seorang Raja

Hawaii merupakan salah satu tempat wisata terindah di dunia. Begitulah bunyi banner dari salah satu situs di internet. Dan keindahan Hawaii berserta tempat-tempat wisatanya memang tak disangsikan lagi. Sebut saja salah satunya Maui, atau pantai Wai Ki Ki yang menjadi incaran para penikmat alam dan tempat-tempat wisata. Disini para wisatawan bisa memanjakan diri dan berleha-leha bak seorang raja yang selalu dikelilingi para pelayan yang siap setiap saat untuk melayani Anda.

Penerbangan ke wilayah Amerika Serikat itu selalu padat betapa pun tiketnya mahal, khususnya saat high season. Sudah jadi rahasia umum, kalau memasuki wilayah Amerika Serikat, kita harus bersiap-siap menjalani pemeriksaan sangat ketat, mulai dari pengajuan visa, pemeriksaan imigrasi, serta selama dalam penerbangan. Perlakukan itu dikenakan kepada semua orang, tak peduli pejabat atau orang penting dari suatu negara. Sampai-sampai harus mencopot sepatu, ikat pinggang, dan membongkar tas tangan.

Jadi, kalau Anda hendak ke AS, sebaiknya tidak memakai asesoris yang terbuat dari bahan logam, tidak banyak-banyak membawa bahan atau peranti make-up dan obat-obatan yang berbentuk cair atau krim. Kalau terpaksa membawanya, Anda harus menyertakan label (komposisi kandungan bahan) dan jumlahnya tidak lebih dari 90 ml serta semuanya harus dibungkus dalam plastik yang transparan dan tahan bocor. Kalau tidak, Anda harus rela untuk membuangnya dalam tong sampah yang sudah disediakan, apa pun alasannya.

Honolulu merupakan salah satu sasaran wisata utama bagi turis Jepang. Wajar saja banyak penerbangan dari dan ke Amerika selalu transit di Tokyo. Di mana-mana hampir selalu kita jumpai rombongan turis Jepang, dari grup para manula hingga anak-anak belasan tahun. Sedangkan turis dari daratan Amerika (North America) kebanyakan sudah berumur dan umumnya mereka adalah veteran perang atau yang mereka yang pernah mempunyai nostalgia di Hawaii.

Hawaii adalah salah satu negara bagian Amerika yang terletak di Lautan Atlantik dan ber-ibu kota di Honolulu. Gugusan pulau di Hawaii yang terkenal dan dilengkapi dengan bandara internasional sebagai gerbang masuk wisatawan antara lain adalah Pulau Kapalua (bagian barat), Pulau Kahului (bagian utara), dan Pulau Hana (bagian Timur).

Jadi, Hawaii merupakan aset yang sangat berharga bagi Amerika, karena dapat memberi masukan devisa yang membanggakan. Dan yang lebih penting lagi adalah karena kepulauan itu mempunyai letak yang sangat strategis untuk pangkalan militer guna menguatkan posisi tawar bagi Amerika dalam pertahanan dan keamanan dunia.

Maka wajar saja, pemerintah AS mau melakukan apa saja untuk Hawaii. Anda ingat terjadinya gempa pada September 2006 di Hawaii? Gempa itu terjadi tiga kali dengan kekuatan 6,6 richter, 5,8 richter, dan 3,8 richter. Apa reaksi pemerintah AS? Mereka langsung menganalisis penyebab gempa dan mengantisipasi tindakan evakuasi secara cepat dan sigap.

Satu hari setelah gempa di Hawaii yang membuat gempar dunia itu, para pebisnis melihat bencana itu sebagai berkah yang emosional. Lihat saja, di Hawaii kita banyak menjumpai suvenir berupa topi, kaus, dan asesoris lainnya bertuliskan ”I survived from earthquake” (Aku lolos dari gempa).

Bukan cuma itu. Gempa menyebabkan banyak penerbangan yang ditunda. Lalu apa yang dilakukan para wisatawan sembari menunggu pesawat. Tentu saja mereka akan terpaksa memperpanjang waktu liburan. Hotel pun menangguk untung. Devisa mengalir lagi ke Hawaii. Ya, uang turis terus mengalir ke kepulauan itu.

Untuk akomodasi para wisatawan yang tak banyak sangu, ada asrama yang bisa disewa bila ingin tinggal lebih dari seminggu. Jenis kamarnya berupa semi-private room yang fasilitasnya berupa bisa pegang kunci sendiri dan kamar mandi di dalam, atau kamar untuk 4 orang atau lebih. Kita tinggal melongok kemampuan keuangan kita.

Setelah puas berjalan-jalan di pantai Wai Ki Ki, jangan lupa untuk mampir ke International Market Place. Itu pusat oleh-oleh berupa kerajinan tangan. Selain itu, di sepanjang pantai banyak ditemukan gerai suvenir eceran seperti bernama ABC serta toko-toko pribadi yang kebanyakan milik orang China.

Bagi yang berkantung pas-pasan, memilih suvenir pun bisa jadi sangat merepotkan. Kalau ingin yang murah, ya pilih saja gantungan kunci. Lumayanlah untuk buah tangan bagi kolega dan handai taulan. Yang perlu dicatat, meskipun dengan sangu tak banyak, kita masih tetap bisa menikmati keindahan Pantai Wai Ki Ki. Jadi jangan sungkan-sungkan jika anda memiliki mimpi untuk mengunjungi Hawaii.

sumber : perempuan.com

Comments