Chiang Mai, Thailand; The Rose of The North

Asia memang eksotis. Begitu pula dengan Chiang Mai dan Chiang Rai, dua daerah di bagian utara Thailand yang begitu kaya. Tepat bila negara yang asalnya bernama Siam ini, mengganti namanya menjadi Thailand yang berasal dari kata "tai" dan memiliki anti freedom. Selain sebagai satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak pernah mengenal penjajahan bangsa Eropa.

Chiang Mai, daerah yang juga dikenal dengan sebutan The Rose of The North ini, terletak sekitar 700 km dari Bangkok. Ditemukan oleh Raja Mengrai pada tahun 1296. Chiang Mai merupakan pusat dari Kerajaan Lanna. Penduduk Chiang Mai masih mempertahankan budaya, dialek dan berbagai tradisi mereka hingga saat ini. Berbagai bangunan religius, seperti kuil-kuil bergaya arsitektur Thailand yang kaya ornamen, juga terlihat masih begitu anggun dan cantik tanpa cela.

"Wisata kuil" mungkin bisa menjadi salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di sini. Anda bisa mcngunjungi kuil Wat Phra Sing yang sudah berdiri sejak tahun 1345. Di tempat ini, setiap tahunnya pada tanggal 13-15 April diadakan Festival Songkran, Thai New Year. Anda bisa melihat detil yang sungguh indah pada kuil ini, mulai dari ukiran kayu, mural sampai stupa-stupa.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Wat Suan Dok yang dibangun pada abad ke-l4, di mana terdapat patung Buddha perunggu berusia 500 tahun! Wat Chiang Man pun wajib Anda kunjungi. Kuil yang satu ini merupakan kuil tertua yang ada di Chiang Mai, diperkirakan dibangun pada tahun 1296 dan didalamnya terdapat patung Buddha terbuat dari kristal.

Selain kuil-kuil yang cantik. Anda juga bisa mengunjungi berbagai objek wisata lainnya yang tersebar di Chiang Mai. Misalnya Chiang Mai Zoo yang memiliki 200 spesis binatang dari Asia dan Afrika. Atau melihat pemandangan yang indah dari Wat Phrathat Doi Suthep. Merupakan dataran setinggi 3.520 meter di atas permukaan laut yang jaraknya sekitar 15 km dari kota Chiang Mai. Namtok Mae Klang, air terjun yang membentang sejauh 58 km pun menjadi objek wisata lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan.

Chiang Mai pun memiliki sebuah taman yang luar biasa cantik, yaitu Queen Sirikit Botanical Garden. Taman yang buka setiap hari mulai dari jam 08.30-15.00 ini. khusus dibuat pada tahun 1992 untuk menghormati Ratu Sirikit. Di sini juga terdapat Tourist Information Centre yang bisa memberikan info lebih jelas kepada para pengunjung. Berbagai aktivitas lain seperti menunggang gajah, bersepeda di pegunungan, trekking di perbukitan atau mencoba menginap di Ban Mae Kampong di distrik Mae On, bisa mengisi liburan Anda selama di Chiang Mai.

Liburan tanpa shopping, tentunya kurang pas. Berhati-hatilah dengan dompet Anda, karena besar kemungkinan Anda akan "kalap". Chiang Mai memang terkenal sebagai penghasil sutra, kayu, perak, keramik dan berbagai kerajinan tangan lain yang bernilai tinggi. Tidak heran bila daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata seni yang laris dikunjungi. Ingin mencari kain sutra kualitas terbaik? Silakan berkunjung ke San Kamphaeng. Bila Anda pecinta perak, berarti harus menyempatkan diri untuk pergi ke jalan Wua Lai. Wah... dijamin Anda akan kebingungan untuk menentukan pilihan!

Setelah puas berkeliling Chiang Mai, lanjutkan perjalanan Anda ke arah utara sekitar tiga jam lamanya. Anda pun akan tiba di Chiang Rai. Salah satu objek wisata yang harus Anda kunjungi begitu menginjakkan kaki di Chiang Rai adalah King Mengrai Monument. Menurut masyarakat setempat, mengunjungi monumen yang terletak disamping jalan menuju Mae Chan dan dibuat untuk menghormati mendiang sang Raja ini, sebaiknya memang dilakukan sebelum mengunjungi objek wisata lainnya.

Di Chiang Rai pun banyak terdapat kuil cantik berusia ratusan tahun. Sebut saja Wat Phra Sing, kuil yang kental nuansa religiusnya dan merupakan peninggalan kerajaan Lanna. Kuil cantik lainnya adalah Wat Phra Kaeo yang terletak disamping Wat Phra Sing. Kuil ini memiliki beberapa patung Buddha terbuat dari perunggu dan tempat ditemukannya patung Emerald Buddha yang sekarang dipindahkan ke Bangkok.

Objek wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah The Golden Triangle yang berjarak sekitar 8 km dari daerah Chiang Saen. Perjalanan menyusuri sungai Mekong ini, menjadi salah satu pilihan wisata terfavorit. Anda bisa menyewa perahu dari Chiang Saen menuju Golden Triangle maupun Chiang Khong. Selain itu, nikmati pula keindahan alam Namtok Khun Kon Forest Park.

Khun Kon atau yang juga dikenal dengan sebutan Tat Mok Waterfall berada sekitar 30 km dari kota Chiang Rai. Air terjun setinggi 70 meter ini merupakan yang tertinggi dan tercantik yang ada di Chiang Rai. Bila badan sudah terasa lelah dan ingin sedikit bersantai, Anda bisa mengunjungi Amphoe Mae Chan, sebuah tempat pemandian air hangat dan spa. Rasanya tidak akan pernah cukup untuk menggambarkan keindahan dan kekayaan alam maupun budaya yang ada di Chiang Mai maupun Chiang Rai. Just open your eves and heart to feel the treasures of Chiang Mai and Chiang Rai.

sumber : perempuan.com

Comments