sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: Taman Bunaken
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Taman Laut Bunaken Memiliki lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar didunia karena 2/3-nya adalah lautan. O...
Taman Laut Bunaken

Memiliki lebih dari 17 ribu pulau, Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar didunia karena 2/3-nya adalah lautan. Oleh karena itu, banyak objek wisata bahari yang tersebar di Indonesia. Salah satunya adalah Taman Nasioanl Bahari Bunaken (TNB2)

Bunaken sebagai salah satu objek wisata bahari, kerap dikatakan sebagai surga bawah laut. Hal ini dikarenakan keindahan yang berada di bawah laut yang berada di Provinsi Sulawesi Utara dan tidak hanya dikenal oleh wisatawan local saja. Namun, nama Bunaken sudah meluas hingga wisatawan mancanegara atau lebih dikenal dengan wisatawan asing sebagai salah satu taman laut terindah di dunia yang kaya akan keaneka ragaman bentuk dan warna terumbu karang dan biota laut serta spesies ikan.

Pulau Bunaken adalah pulau yang mempunyai luas 8,08 km, masih bagian dari kota Manado. Keseluruhan luas Taman Nasional Bahari Bunaken mencapai luas 75.265 hektar dan didalamnya terdapat 5 (lima) pulau yaitu; Manado Tua, Bunaken, Siladen, Mantehage dan Naen.

Wisata bahari yang menjadi wisata minat khusus, memang sangat berkembang pesat saat ini mengingat tingginya para wisatawan yang datang untuk menikmatinya dan memberikan keuntungan bagi Pemerintah.

Selain dikenal dengan keindahan bawah lautnya, Bunaken juga sebagai tempat menyelam terkenal dari 10 tempat penyelaman tersohor yang ada di dunia. Memiliki 20 titik untuk menyelam serta kedalaman yang bervariasi hingga mencapai kedalaman 1.344 meter.

Taman Laut Bunaken termasuk di antara 10 tempat penyelaman terpopuler di dunia. Disekitar Pulau Bunaken terdapat 12 titik penyelaman. Titik inilah yang sering dikunjungi wisatawan asing menjadi tempat paling asyik untuk menyelam dengan keindahan bawah lautnya, karena terdapat penurunan dinding karang yang terjal dan menjadi tempat makanan para ikan-ikan, goa-goa serta lekukan-lekukan yang sangat menakjubkan.

Penyewaan alat-alat diving dan snorkeling sudah tersedia disini, jadi tidak perlu harus membeli terlebih dahulu untuk menikmati pemandangan bawah laut. Para instruktur selam pun sangat begitu ramah menemani kita selama berwisata. Dengan menggunakan kapal motor kami “EXPLORE INDONESIA” memulai mencari pengalaman baru ditempat ini. Didalam bagian dasar kapal motor terdapat sebuah kaca, selama perjalanan.melalui kaca ini kami melihat bentuk terumbu karang dan banyaknya ikan-ikan yang berwarna-warni dibalik air yang begitu jernih, sangat jelas sekali keindahan bawah laut di taman bunaken. Kami sedih ketika didalam perjalanan melihat adanya terubu-terumbu karang yang patah dan ada juga yang hapir tidak berbentuk, semua ini disebabkan oleh tangan-tangan jahil manusia juga yang ingin merusak dan merampas kekayaan serta keindahan bawah laut. Butuh waktu yang sangat lama agar terumbu-terumbu karang itu utmbuh kembali. Kami semua berharap Pemerintah dapat mengambil tindakan tegas terhadap semua itu. Selain pemandangan bawah laut, ombak yang menghempas serta pemandangan gunung melengkapi pesona keindahan selama perjalanan ini.

Kurang lebih 35 menit, akhirnya kami tiba di satu titik untuk melakukan penyelaman. Awalnya memang rasa takut terus membayangi hati ini, karena membayangi film Leonardo Dicaprio yang berjudul “TITANIC”. Tapi mau nggak mau kami harus berani, sangat disayangkan apabila tidak mengambil bagian dalam hal ini Ditengah-tengah laut yang begitu luas, di sinilah anda akan mengawali keindahan dasar laut yang begitu mempesona. Sebelum menceburkan diri ke laut, instruk mengingatkan agar berhati-hati jangan sampai kita menginjak terumbu karang. Setelah mendengarkan instruksi dari para instruktur dan memeriksa alat-alat yang digunakan satu persatu kami mulai turun kelaut. Air laut yang biru serta matahari yang mebuat hangatnya air menutupi kegelisahan hati kami.

Setelah semua berada di dalam air, kami sedikit agak kesulitan karena harus benapas melalui mulut. Sampai-sampai salah satu crew kami ada yang terminum asin air laut, maklum kami belum terbiasa dengan ini. Setelah berulang-ulang kali mencoba, kami pun mulai mendapat caranya.

Sungguh indah ciptaan Tuhan didalm laut ini. Sungguh tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. Keberuntungan memang sedang berpihak pada kami, dibawah laut kami melihat 2 ekor kuda laut melintas. Karena jarang sekali para wisatawan dapat melihat keunikan hewan air ini.

Sebenarnya keindahan terumbu karang sesungguhnya ada di kedalam laut 30 – 40 meter, tapi saying kami tidak bisa melihatnya. Karena kurangnya pengalaman kami tentang cara menyelam yang benar dan kami hanya di perbolehkan menyelam hingga kedalam kurang lebih 20 meter.

Setelah semua puas menikmati keindahan semua itu, kami kembali kapal motor dan bergegas kembali kedaratan dimana kami mulai perjalanan. Sungguh pengalaman yang tak bisa terlupakan, hati ini berbisik suatu saat nanti bisa melihat terumbu karang yang paling indah dan yang belum pernah kami lihat. Diatas kapal motor kami saling berbagi cerita selama penyelaman yang telah kami lakukan.

Satu hal yang kami sarankan kepada anda yang akan pergi berwisata ke Taman Bunaken untuk menginap, karena tidak puas kalu hanya berwisata satu hari di sana. Anda tidak perlu khawatir untuk bermalam disana, Hotel dan Cottage tersedia di sekitar taman wisata tersebut dan anda hanya tinggal memilih saja sesuai dengan kebutahan masing-masing.

Sekali lagi kami “EXPLORE INDONESIA” berharap kepada Pemerintah supaya terus menjaga dan merawat akan taman wisata ini sehingga dapat mendatangkan wisatawan asing lebih banyak lagi dan terus mendukung akan kemajuan objek-objek pariwisata yang ada di negeri tercinta ini.

Oleh : Redaksi Explore Indonesia
Credit Foto : Vinayunita.wordpress.com
Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top