sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: PANTAI SECRET KETEWEL: Pantai Rahasia Berselimut Keramaian
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Dikalangan peselancar, nama pantai Secret tentu bukanlah nama yang asing lagi, apalagi rahasia seperti namanya. Pantai yang terletak di...

Dikalangan peselancar, nama pantai Secret tentu bukanlah nama yang asing lagi, apalagi rahasia seperti namanya. Pantai yang terletak di pinggir jalan by pass Tohpati-Kusamba, Desa Ketewel, Kabupaten Gianyar, ini banyak diburu para peselancar, baik dalam ataupun mancanegara.

Menurut informasi yang berkembang di masyarakat, pantai ini dinamakan Pantai Secret (Pantai Rahasia) mengingat dulunya tidak ada seorangpun yang mengetahui potensi ombak pantai ini, yang baik dipergunakan sebagai tempat surfing. Seorang peselancar asal Sanur menemukan pantai Secret. Di tahun 1988, bersama dua orang peselancar dari Kuta rekannya, Mereka memberanikan diri untuk menjajal ombak di pantai tersebut.

Pantai Secret pada waktu itu masih sangat alami. Sebelum by pass Tohpati-Kusamba ada, untuk mencapai pantai tersebut, terlebih dahulu kita harus melalui terminal Batubulan. Dari Batubulan, perjalanan kemudian diteruskan dengan melalui persawahan sampai tiba di komplek perumahan tak jauh dari pantai. Kendaraan kemudian diparkir di perumahan tersebut dan perjalanan kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki melewati sawah. Oleh peselancar Sanur, pantai ini kemudian diberi nama Sanur Secret Point.

Pada perkembangan selanjutnya, pantai ini makin ramai dikunjungi para wisatawan seiring dengan pesatnya jumlah kunjungan wisatawan terutama wisatawan asal Jepang yang berkunjung ke Bali. Tahun 1994-1995 pantai ini sudah ramai oleh para peselancar terutama peselancar dari Jepang yang dibawa oleh peselancar dari Sanur. Tahun 1996, jalan menuju pantai ini sudah dibuka. Pembangunan jalan ke tempat itu ditambah dengan promosi dari majalah-majalah surfing dunia, membuat Pantai Secret menjadi ramai dan tidak secret lagi. Sebuah pantai rahasia yang senantiasa dipenuhi keramaian.

Desember – April

Waktu yang paling bagus untuk berselancar di pantai yang berpasir hitam ini, antara bulan Desember sampai April dan bertepatan dengan musim hujan. Pada saat itu, angin berhembus berlawanan dengan deburan ombak. Keadaan angin seperti ini sangat mendukung untuk menikmati keindahan olahraga berselancar.

Di sepanjang Pantai Secret, paling tidak terdapat 10 point (tempat untuk berselancar). Namanya pun bermacam-macam seperti Coconut Beach, Pica Point, Little Nias, Biaung (secret point), Temple Point, Second Secret, Secret Tewel dan sebagainya. Meskipun kondisi Pantai Secret yang hitam kurang memikat dipandang mata namun tempat tersebut masih tetap diburu para peselancar. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Pantai Secret memiliki karakter ombak yang sangat bagus, baik untuk peselancar pemula ataupun peselancar profesional. (Dinas Pariwisata Kab. Gianyar, Bali)

Oleh : Redaksi Explore Indonesia
Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top