Indahnya Air Terjun Sungai Liku

Air Terjun Sungai Liku Balai Selasa


Air terjun ini terletak di kampung Sungai Liku kenagarian Palangai BalaiSelasa Kecamatan Ranah Pesisir kabupaten Pesisir Selatan.

Air terjun yang sangat indah ini berasal dari sebuah telaga yang terdapat diatasnya.

Air terjun yang terdapat di daerah perbukitan didalam areal TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) ini sangat indah penuh ketenangan dan berair sangat sejuk

Hal ini dikarenakan oleh hutan disekelingnya masih asli .

Disini masih dapat dijumpai beberapa jenis burung yang di sudah mulai langkah di temui di tempat lain seperti Burung tempua,murai batu,balam,punai dan barabah.

Kalau hoki lagi bagus di tempat ini juga bisa dijumpai Burung Kuau yang telah dilindungi atau babi hutan yang lagi bermain di alam bebas.

Selain itu ditempat ini anda juga dapat mendengar suara siamang dari kejauhan

Di air terjun sungai liku yang masih perawan ini juga dapat dijumpai binatang mamalia sejenis kera yang berbulu merah yang dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama simpai.

Menurut Darmawan,S.Ag salah seorang toko masyarakat di kampung Sungai liku ini.Masyarakat Sungai Liku akan bergotong royong bahu membahu untuk membuka akses jalan ke air terjun yang indah ini.

Walau masih dengan jalan setapak saja objek wisata air terjun sungai liku ini sudah ramai juga dikunjungi orang apalagi jika akses jalannya sudah ada tukuknya.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini dari Padang anda menuju ke Painan terus ke Balai Selasa,sebelum memasuki Balai Selasa ada simpang Sungai Liku,anda belok kiri sesampai di dekat mesjit Sungai Liku anda dapat bertanya ke Masyarakat.Biasanya Pak Darmawan selalu ada disekitar sini.

Comments