sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: Di Desa Pulut-Pulut Bayang,Akarpun Jadi Jembatan ( Jembatan Akar).
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Memang unik jembatan yang menghubungkan Desa Pulut-Pulut dan Lubuk silau ini,Jika saat sekarang orang membuat jembatan dengan mengunakan bes...
Memang unik jembatan yang menghubungkan Desa Pulut-Pulut dan Lubuk silau ini,Jika saat sekarang orang membuat jembatan dengan mengunakan besi atau kayu,tapi disini jembatan dibuat dari akar batang pohon. Aneh?
Ini bukan omong kosong belaka, kalau anda ingin membuktikan datang saja langsung ke Desa pulut-Pulut,kenagarian Asamkumbang kecamatan Bayang utara,Kabupaten Pesisir Selatan. Jembatan Akar? tanya saja pada orang Pesisir Selatan,anda pasti akan ditunjukkan karena hampir semua orang Pesisir Selatan mengetahui akan Jembatan Akar tersebut.
Jika saat sekarang orang membangun jembatan dapat selesai dengan hitungan bulan atau minggu tapi tahukah anda berapa lamakah Fakih Sokan,si pengagas Jembatan Akar membangun Jembatan Akar ini?
Ulama yang dipercayai oleh masyarakat sekitar memiliki ilmu kebahtinan yang tinggi tersebut mulai membangun jembatan akar ini sekitar tahun 1893 dan baru dapat dilalui oleh manusia pada tahun 1918.Berapa tahun ya? Hitung saja sendiri. Jika ada rekor pembangunan jembatan paling lama, mungkin pembangunan jembatan akar inilah pemegang rekornya.
Jembatan ini memang unik,tidak ada tandingannya dengan jembatan buatan sekarang,jika jembatan buatan orang zaman sekarang makin lama usianya,maka makin keroposlah dia tapi jembatan akar ini semakin lama waktu berjalan maka semakin kokoh berdiri.
Kenapa? karena akar yang menyanggah jembatan ini makin hari makin membesar.
Pintar kali ya orang dahulu.....
Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top