sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: Danau Singkarak
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Jembatan Kereta Api Di Ombilin Danau Singkarak Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat , Kabupaten Solok dan Kabupaten ...
Jembatan Kereta Api Di Ombilin Danau Singkarak

Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dengan luas 107,8 km² danau ini merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera. Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman.

Ikan bilih (Mystacoleucus padangensis) merupakan spesies ikan yang diperkirakan hanya hidup di danau ini[1], dan menjadi salah satu makanan khas di sekitar danau Singkarak.

Danau Singkarak dengan luas sekitar 108km persegi adalah danau terbesar ke-2 di Sumatra setelah Danau Toba. Keunikannya adalah budidaya ikan Bilih yang hanya bisa dilakukan di Danau Singkarak ini. Sebagian besar orang di kampung atau nagari di sekitarnya bertahan hidup dengan menjadi nelayan dan budidaya ikan bilih.

Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top