sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: Danau Maninjau,Danau Terindah di Sumatera Barat
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Sunset di Danau Maninjau Danau Maninjau ini terletak di Kabupaten agam Sumatera Barat,tepatnya di Kecamatan tanjung Raya. Danau ini berjar...
Sunset di Danau Maninjau


Danau Maninjau ini terletak di Kabupaten agam Sumatera Barat,tepatnya di Kecamatan tanjung Raya.
Danau ini berjarak sekitar 140 kilo meter dari Kota Padang,ibukota propinsi Sumatera barat,36 km dari Bukittinggi,kota terbesar nomor dua di sumatera barat,sesudah padang dan 27 km dari Lubuk Basung,ibukota kabupaten agam.
Danau Maninjau merupakan danau vulkanik terletak pada ketinggian 461,50 meter diatas permukaan laut.
Luas danau Maninjau ini 99,5 kilo meter persegi dengan kedalaman maksimum 495 meter.
Danau ini terbentuk dikarenakan sebuah letusan gunung yaitu gunung Sitinjau (menurut legenda orang disekitar Danau Maninjau.
Menurut legenda di ranah minang keberadaan Danau Maninjau ini erat kaitannya dengan kisah bujang sembilan.
Danau Maninjau juga merupakan sumber air dari Batang antokan yang mengalir ke Samudera Indonesia.
Air Danau Maninjau ini juga digunakan sebagai sumber tenaga oleh PLTA Maninjau.
Danau Maninjau dikelilinggi oleh bukit-bukit,salah satu puncak bukitnya yang tertinggi adalah Puncak Lawang,tempat ini sangat baik untuk take off olah raga para layang,Puncak Lawang ini sudah sangat terkenal oleh paraglider asing maupun lokal.
Untuk sampai ke Maninjau jika dari Bukittinggi kita akan melewati suatu jalan yang berkelok-kelok yang sangat terkenal di Sumatera barat dengan nama kelok empat puluh empat,
Yaitu jalan yang jumlah keloknya empat puluh empat buah,sepanjang kurang lebih sepuluh kilometer,mulai dari embun pagi sampai ke Maninjau.
Danau Maninjau ini tercatat sebagai danau terluas ke sebelas di Indonesia dan terluas kedua di Sumatera Barat sesudah danau Singkarak (129,69 Km persegi).
Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top