Pulau-Pulau Di Sekitar Painan.

Pemandangan bawah laut

Disekitar perairan Painan terdapat beberapa pulau yang dapat dikunjungi,terutama untuk wisata memancing.
  1. Pulau Cingkuk. Pulau ini terletak disebelah barat kota painan,berjarak kira-kira seperempat mil dari daratan pantai carocok painan.Pulau ini berair bersih dan tenang,sangat cocok untuk tempat wisata bersama keluarga dan memancing.
  2. Pulau Semangki. Pulau semangki ini ada dua,satu pulau semangki besar dan satu lagi pulau semangki kecil,pulau ini juga sering disebut oleh masyarakat Painan dengan sebutan Pulau kasiak.Pulau ini sangat cocok untuk tempat memancing dan rekreasi,pulau ini tidak berpenghuni.Berjarak kira-kira 2 mil dari Painan.
  3. Pulau Aur. Pulau Aur ini terdiri dari dua buah pulau, yang satu pulau aur besar,dahulu dipulau ini terdapat sekawan beruk(sebangsa kera yang agak besar,yang di Sumatera Barat biasanya digunakan oleh penduduk untuk memanjat kelapa).Yang satu lagi pulau aur kecil pulau ini sebelah utaranya berpasir putih,sebelah selatannya berbatu-batu besar.Pulau aur ini sangat cocok untuk tempat memancing dan rekreasi
  4. Pulau Penyu. Pulau ini agak jauh ke tengah,berjarak kira-kira 8 mil dari pelabuhan panasahan Painan.Pulau ini terkenal sebagai pulau penghasil telur penyu.Pulau ini merupakan pulau berpasir putih.Pulau in sangat cocok untuk tempat memancing dan rekreasi,menyaksikan penyu bertelur.
  5. Pulau Kerabak.Pulau ini terdiri dari dua buah pulau,yaitupulau kerabak besar dan pulau kerabak kecil,dipulau ini terdapat lampu mercu suar.Pulau ini sangat dengan dengan Nagari surantih,berjarak kira 8 mil dari Painan.Pulau ini sering digunakan nelayan untuk tempat berlindung dari badai.
  6. Pulau Babi. Pulau ini terletak disebelah barat perairan Painan,pulau ini sangat dekat dengan Desa Api-Api kenagarian pasarbaru,bulau ini diberi nama pulau babi karena kalau dilhat dari arah Painan atau salido pulau ini mirip dengan babi.pulau ini sangat cocok untuk tempat wisata dan memancing.

Comments