PAINAN KOTA KU.

Painan,akan lebih identik dengan urang Pasisia.Karena orang Sumatera Barat lebih mengenal Kabupaten Pesisir selatan itu dengan Nama Painan.Jadi mereka beranggapan Pesisir selatan itu adalah Painan.Pada hal Kabupaten Pesisir Selatan itu memanjang dari utara sampai keselatan sejauh lebih kurang 180 km.Dan Painan adalah ibu Kabupatennya.

Letak Painan,Painan terletak disebelah selatan Kota Padang dengan jarak lebih kurang 77 km.Dapat ditempuh dengan kenderaan roda dua atau empat dengan waktu tempuh kira-kira 90 menit.Jalannya lumayan bagus,jalan ke Painan hanya ada satu yaitu jalan lintas barat sumatera yang menghubungkan Kota Padang dengan Bengkulu.

Kota Painan berhawa panas,seperti kota-kota yang berada ditepi pantai lainnya.Kota ini memiliki keindahan alam pantai dan perbukitan yang indah.Yang ternama adalah obyek wisata Pantai carocok painan dan Puncak Bukit Langkisau.

Painan,begitulah nama kotaku,kota kelahiranku.Rang Painan…….

Kota Painan adalah sebuah kota kecil berjarak lebih kurang 77 km dari kota Padang.Kota Painan merupakan ibukota Kabupaten Pesisir Selatan.Kota Painan dikelilingi oleh tigabuah bukit dan satu teluk,Yaitu Bukit Kambing diutara,Bukit Bagindo di tenggara dan Bukit Langkisau di Barat serta teluk Painan di bagian selatan.
Kota Painan juga merupakan Nagari Painan,terdiri dari empat kampung,yaitu Kampung painan Utara,Kampung Painan timur,Kampung Painan Selatan dan Kampung Sungai Nipah.
Kota Painan memiliki tiga obyek wisata,yaitu obyek wisata Pantai carocok Painan disebelah Barat,Air Terjun Timbulun di Kampung Painan Timur dan Bukit Langkisau disebelah barat.
Masyarakat kota Painan termasuk dalam suku Minangkabau,menganut garis keturunan menurut Ibu (matriakat).
Masyarakat adat kota Painan terdiri dari beberapa suku,yaitu Melayu,Jambak,Panai dan Caniago.

Comments