sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: PULAU CINGKUK PAINAN
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Disebelah barat Kotapainan terdapat sebuah pulau kecil yang sangat dekat dengan daratan,memiliki pemandangan alam yang in...

Disebelah barat Kotapainan terdapat sebuah pulau kecil yang sangat dekat dengan daratan,memiliki pemandangan alam yang indah,tenang dan berair jernih.Itulah pulau Cingkuk.

Asal kata nama pulau ini menurut yang tua-tua berasal dari nama seorang panglima dari negeri china Cheng hok.(entah ia entah tidak,saya kan belum lahir).Yang saya tahu di Painan nama pulau kecil itu adalah nama sejenis kera yang berukuran agak besar,berwarna hitam bernama Cingkuk (Cingkuak,bahasa pesisirnya).

Pulau Cingkuk ini termasuk sebuah pulau yang dijaga kelestariannya oleh pemerintah,pulau ini termasuk salah satu cagar budaya.Karena pulau ini pernah dijadikan markas oleh Portugis ketika mula-mula masuk ke Indonesia.

Di Pulau ini dapat dijumpai reruntuhan benteng portugis dan Kuburan orang Portugis yang ada prasastinya.2594177

Pulau cingkuk.(www.user.on.net)

Saking terkenalnya Pulau Cingkuk ini sampai-sampai Bastian Tito si penulis cerita Wiro Sableng yang sangat populer itu juga menulis Cerita JANDA PULAU CINGKUK.

Siapa ya, yang dimaksud Si Bastian Tito itu?

Apakah mungkin dia leluhurku? karena dahulunya yang tinggal di Pulau Cingkuk itu adalah sepupu dari leluhurku,tapi dia bukan janda.Jadi siapa ya?

Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top