Yuk,jalan-jalan ke Kab.Pesisir Selatan.

Yuk,jalan-jalan ke Kab.Pesisir Selatan,negeri indah yang belum banyak dikenal orang.

Biasanya jika orang berkunjung ke Sumatera Barat,Kebanyakan tujuan mereka adalah Kota Bukittinggi,Lembah Harau,Danau Maninjau dan Batusangkar.Padahal di Sumatera Barat banyak kawasan yang indah yang belum banyak diketahui orang.Seperti salah satunya Kab. Pesisir Selatan
Kabupaten yang terletak paling selatan di Propinsi Sumatera Barat ini.

YANG UNIK.

Di Kabupaten Pesisir selatan ini,selain kaya akan panorama yang indah juga ada satu obyek wisata yang unik yang mungkin tidak bisa ditemui di daerah lainnya. Yaitu obyek wisata "Jembatan Akar"
yang terletak di Desa Pulut-Pulut.Kecamatan Bayang Utar

SEJARAH.

Jika kita pergi ke Pagaruyung yang diyakini oleh orang Minangkabau sebagai Pusat Pemerintahan Kerajaan Minangkabau dengan rajanya yang sangat ternama "Bundo Kanduang" ada yang kurang rasanya.Karena disana kita tidak menemukan kuburan dari Bundo Kanduang dan anaknya Dang Tuangku, juga tokoh yang sangat akrab dengan cerita minang Cindua Mato.
Jika anda penasaran untuk menemukan kuburan Bundo Kanduang,Dang Tuangku dan Cindua Mato,datang saja ke Pesisir Selatan.Tepatnya ke rumah gadang Mande Rubiah di Nagari Lunang.Selain anda dapat menyaksikan kuburan Bundo Kanduang (Di Kab.Pesisir Selatan dikenal dengan sebutan Mande Rubiah) juga dapat menyaksikan benda-benda peninggalan sejarah lainnya,salah satunya yang sangat langkah adalah Telur Garudo (burung garuda).

PANORAMA.

Di Kabupaten Pesisir Selatan Pemandangan alam yang Indah (panorama) sangat banyak diantaranya yang terkenal adalah:Kawasan Wisata Mande,yang terkenal ke mancanegara dengan pulau Cubadak Resortnya,Panorama Selayang Pandang,Panorama Bukit Langkisau yang sangat disukai oleh para glider lokal dan asing untuk paralayang.Panorama Panasahan,disini kita dapat menyaksikan keelokan teluk Painan dengan pelabuhan Panasahan,Panorama Nyiur Melambai yang terletak di Bukit Taratak Surantih. dll.

PANTAI.

Dikarenakan letak Kabupaten Pesisir Selatan yang memanjang disepanjang pantai samudera Indonesia,maka daerah ini banyak memiliki pantai yang indah diantaranya,Pantai Batu Kalang di Tarusan,Pantai Sago,Carocok Painan,Pantai Teluk Kasai,Pantai teluk Tempurung di Batang Kapas,Pantai Ujung Air dan Pantai Lakitan di Kambang,Pantai Nyiur Melambai,Pantai Sumedang serta Pantai Ujung Tanjung,yang terkenal dengan baku akiknya.

AIR TERJUN.

Disini juga banyak terdapat air terjun diantaranya yang banyak dikunjungi para wisatawan adalah:Air Terjun Bayang Sani di Koto Baru bayang,Air terjun Timbulun di Painan Timur dan Air terjun Pelangai di Balai Selasa.

Demikianlah tulisan singkat ini.

Yuk,jalan-jalan yuk! Ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Comments