sekerey 87 sekerey 87 Author
Title: Rumah Gadang Ranah Pantai Cermin
Author: sekerey 87
Rating 5 of 5 Des:
Berkunjung di Kecamatan Sangir Batang Hari, disinii kita jumpai beberapa Rumah Gadang yang jumlah ruangnya lebih dari sepuluh. Rumah Gadang...

Berkunjung di Kecamatan Sangir Batang Hari, disinii kita jumpai beberapa Rumah Gadang yang jumlah ruangnya lebih dari sepuluh. Rumah Gadang ini adalah milik beberapa suku. Bagi orang di sini, segala bentuk kegiatan harus dilakukan di Rumah Gadang seperti Baralek, kematian atau Rapat

Di Rumah Gadang ini rombongan FAM TOUR menyaksikan kesenian Batombe. Batombe adalah Tradisi yang hanya ada di Kabupaten Solok Selatan. Tradisi ini berupa berbalas pantun yang diiringi dengan alat musik tradisional Rabab. Batombe biasanya dilakukan oleh muda-mudi. Dalam pantun, mereka saling mengutarakan isi hati mereka. Tradisi Batombe ini biasanya dilaksanakan selama 7 malam bersamaan dengan kegiatan Baralek.

Setelah menyaksikan batombe, kemudian dilanjutkan dengan penampilan randai, yang dibawakan oleh masyarakat Ranah Pantai Cermin. Susana malam hari sangat mendukung sekali untuk penampilan randai tersebut. Pencahayaan didapat dari lampu-lampu sorot ribuan watt yang disediakan oleh rekan-rekan dari Lativi dan SCTV. Sambutan masyarakat disini sangat baik sekali dengan kegiatan ini. Seluruh masyarakat berkumpul di Rumah Gadang dan halaman rumah juga dipenuhi warga menyaksikan acara Randai.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan ke rumah Bapak Bupati Solok Selatan. Dalam acara ramah tamah di kediaman Bupati Solok Selatan Minggu malam 07 Januari 2007, yang dihadiri Bapak Sekda, Humas dan lainnya. Bapak Bupati mempunyai harapan agar apa yang dilihat mass media Ibu Kota di Solok Selatan bisa dipublikasikan diluar, agar pariwisata kita terangkat. Dengan melihat beberapa objek Wisata kita, Adji Kurniawan dari majalah Travel Club menyarankan agar, Solok Selatan selalu mengadakan promosi berkesinambungan dalam beberapa tahun kedepan ini. Dan setelah pariwisata kita dikenal barulah kita bisa merasakan manfaatnya. Untuk lebih menggali potensi budaya Solsel , mungkin bisa diadakan semacam festival. Kepala kantor Pariwisata Seni dan Budaya Bapak Mulyar Muluk mengatakan bahwa beliau memang berencana akan mengadakan “festival sarantau sasurambi” pada tahun 2007. Hal itu nanti diharapkan bisa menggali potensi daerah kita. Potensi alam Solsel selama ini yang menonjol adalah perkebunan, dan untuk menggalang pariwisata Solsel saat ini Bapak Bupati menghimbau agar semua unsur membangun pariwisata mulai dari sekolah-sekolah.
Dari kunjungan 4 media massa Ibu Kota ini, diharapkan kedepannya bisa memberi pencerahan bagi dunia pariwisata kita di Solok Selatan. Karena sangat banyak sekali kekayaan alam Solok Selatan yang bisa dikelola dan menjadi nilai jual untuk masa yang akan datang. Untuk itu diperlukan SDM yang benar-benar mampu mengelola potensi alam kita, agar bisa menjadi objek pariwisata yang handal dan bernilai jual di masa yang akan datang.
Reactions:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top