AIR TERJUN TALANG JAYA

Air Terjun Talang Jaya Kecamatan Tabir Ulu terletak sekitar 90 Km dari pusat Kota Bangko (Ibu Kota Kabupaten Merangin Propinsi Jambi) tepatnya di Desa Telentam. Saat saya dan beberapa teman-teman berkunjung ke sana beberapa waktu yang lalu di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun kami di suguhkan oleh pemandangan alam Tabir Ulu yang begitu indah, bukit-bukit yang menjulang dan gemericik aliran sungai Tabir yang begitu jernih menambah indahnya suasana. Di sepanjang sungai Tabir saya dan teman-reman sering menjumpai beberapa lokasi Lubuk larangan yang sengaja dibuat oleh penduduk desa sebagai tempat pelestarian ikan sungai. Lubuk larangan ini konon tidak boleh diambil ikannya oleh siapapun, barangsiapa yang ketahuan mengmabil ikan di lokasi lubuk larangan akan dikenakan denda adat. Menurut penduduk, Ikannya hanya bisa dipanen secara berkala beberapa tahun sekali, biasanya penduduk di sana akan berpesta makan ikan jika saat panen tiba.. banyak pemandangan yang seru dan mengasyikkan saat kami diperjalanan.

Saya dan teman-teman jadi tertegun saat tiba di lokasi air terjun Talang Jaya, inilah air terjun alami yang saya lihat masih sangat terjaga keasliannya. Air terjun ini terdiri dari tujuh tingkat, saya dan teman-teman harus memanjat tebing-tebing batu untuk mencapai setiap tingkatan air terjun.. Perjalanan yang sangat mengesankan, rasanya saya ingin berlama-lama berada di lokasi air terjun ini. Saya dan teman-teman sempat merasakan sejuknya air yang mengalir dari celah-celah batu cadas..

Andai saja air terjun ini dikelola dengan baik, mungkin akan menjadi tempat wisata yang sangat menarik bagi warga Merangin atau mungkin bagi wisatawan luar daerah.. Sampai saat ini air terjun ini masih banyak yang belum tahu keberadaannya, bahkan bagi masyarakat Merangin sendiri..

dicopy dari : djambi-koha.blogspot.com

Comments