Kotabaru, Kota Kepulauan yang Eksotis

Kunjungan ke Kotabaru memang sangat mengesankan.Gimana gak, disana banyak banget objek-objek menarik yang sayang untuk dicuekin ama mata n lensa kamera.Saya berangkat mulai tanggal 26 hingga 29 november 2008. Kota ini berada di sebuah pulau kecil diantara pulau-pulau lainnya di selatan Kalimantan.


Kotabaru adalah sebuah kabupaten yang ibukotanya juga bernama Kotabaru.Banyak lokasi menarik yang layak dikunjungi kayak Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang, pantai-pantai di desa Lontar, Pulau Kerayaan, Pantai Gendambaan, Gunung Bamega, Pantai Tanjung Ketapang, kampung nelayan Sarang Tiung, kota Kotabaru nya itu sendiri dan masih banyak lagi.

Dari pelabuhan ferry Batulicin, saya harus menyeberang dulu ke pelabuhan Tanjung Serdang pake ferry sekitar 20 menitan.Dari ferry ini akan ditemui beberapa pulau & pegunungan kecil diatas permukaan laut.

Setelah sampe di Tanjung Serdang, saya kembali harus menyusuri jalan yg meliuk-liuk. Sesaat setelah tiba di Kotabaru, saya langsung nyari makan di pusat kota yang menghadap langsung lautan (liputan soal kuliner menyusul ya...).Puas makan, saya langsung berkeliling kota dengan berjalan kaki.Banyak banget keunikan yang ada disekitar kota.Seperti klenteng yang berada di atas bukit, gedung Islamic Center yang unik dengan kubahnya, cafe-cafe tenda dipinggir laut, kantor bupati yang view nya juga ke laut, dll.

Soal pedestrian alias area pejalan kaki, Kotabaru emang sangat oke.Dari sekian banyak kota di Kalsel, kayaknya kota ini lah yg paling banyak punya pedestrian yang masih bagus & bersahabat bagi pejalan kaki.Sebagian besar area pejalan kaki diberi motif yang cukup cantik dari susunan batu laut.

Kata banyak orang, ke Kotabaru gak lengkap kalo gak ke Siring Laut.Tempat ini merupakan public space atau semacam alun-alun.Tapi ini lagi-lagi menghadap lautan luas.Disini kalo sore apalagi malam hari sangat rame ama warga maupun wisatawan.

Siring Kotabaru

Pelabuhan laut Kotabaru ternyata gak jauh dari Siring Kotabaru itu.Di pelabuhan ini banyak terdapat speed boat yang bisa dipake untuk menuju Batulcin selain ferry.Tarifnya cuma 50 ribu perak.Atau bagi mereka yang mau diving di Taman Bawah Laut Teluk Tamiyang di Pulau Laut, juga bisa nyarter speed boat ini.

Dipelabuhan ini juga terdapat Restoran Terapung diatas air laut.Hmmm...pemandangan dari sini sangat cantik.Gedung-gedung berpadu dengan hamparan Gunung Bamega dibelakangnya.


Kotabaru dari laut

Puas memandangi Kotabaru dari tepian laut, saya kembali menuju daratan.Kali ini saya mengunjungi sebuah bangunan bercat sangat rame.Namanya Limbur Raya.Sebuah komplek pertokoan yang kayaknya paling besar disini.


Limbur Raya

Panggilan sholat maghrib memanggil saya untuk segera melaksanakan ibadah.Masjid Raya Kotabaru lah pilihan yang tepat.Masjid ini cukup besar.Tidak jauh dari Limbur Raya.Interior masjid didominasi oleh bangunan kayu khas Kalimantan.Saya sangat bersyukur karena dikasih kesempatan oleh Tuhan untuk berjamaah dimasjid terbesar di Kotabaru ini.

Masjid Raya Kotabaru

Tepat diseberang masjid terdapat sebuah bangunan lumayan besar.Ternyata bangunan Grand Surya Hotel.Sebuah hotel paling mewah di Kotabaru.Ada ballroom, kamar dengan berbagai tipe, cafe, dll. Selain hotel Grand Surya ini, hotel besar lainnya ada Hotel Kartika (Jalan Veteran), Wisma Saijaan (menghadap laut) & masih banyak hotel lainnya.

Info rute ke Kotabaru

Anda bisa naik angkutan umum kayak bis atau juga bis kecil non AC.Kalo yg AC tarifnya 130 rb & non AC 80 ribu perak.Berangkat sekitar jam 7 & 9 pagi dr terminal Pal 6 Banjarmasin.Perjalanan sekitar 9 jam.Dari Kotabaru juga banyak angkutan menuju Banjarmasin.

Berangkat jam 7 malam.Biasanya bis nya mudah ditemui di sekitar Masjid Raya Kotabaru.Harga sama aja.Nah bagi mereka yang hanya punya waktu libur Sabtu Minggu, bisa kok liburan singkat kekota ini.Berangkat sabtu pagi, nyampe sore harinya.Bisa jalan-jalan sabtu malam (malam mingguan), trus bisa seharian penuh menikmati kota & pantai-pantai nya di siang minggu.Nah balik ke Banjarmasin lg pd minggu malam.Besok shubuh nyampe deh di Banjarmasin.

Bagi wisatawan dr luar Banjarmasin juga diluar Kalsel, juga layak mengunjungi kota ini.

Nah kayaknya udah cukup banget liputan tentang Kotabaru nya.Liputan berikutnya, insyaallah tentang kuliner enak di Kotabaru *jadi ingat denmasrul.com*hihi..., Pantai Gedambaan Kotabaru & Pantai Pagatan.Jadi ditunggu aja ya....

Penulis : nasrudin ansori
Sumber : http://kalimantanku.blogspot.com/liburan.info

Comments