Family Offroad

Ingin mencoba liburan dengan keluarga lewat cara yang berbeda dari biasanya? Family offroad bisa menjawab tantangan ini. Garang, berat, dan mahal adalah sejumlah kesan yang melekat kuat dalam kegiatan offroad. Maklum saja, perangkat yang digunakan untuk menjalalani kegiatan ini memang tergolong ribet dan mahal. Bahkan, tak sedikit di antara peralatan maupun perlengkapan, termasuk "pernak-pernik" hobi ini, masih harus diimpor langsung dengan harga selangit.

Liburan Alternatif

Namun, saat ini Anda yang masih awam sekalipun, bisa ikut menikmati serunya offroad. Sekaligus bisa menjadi pengisi liburan yang asyik bersama keluarga. Sebab, kini tersedia paket wisata offroad yang bisa diikuti oleh Anda sekeluarga.

Salah satu operator yang menawarkannya adalah Arus Liar. Operator wisata alam dan petualangan ini, memberikan alternatif petualangan di kawasan Desa Cigelong, Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini bisa dicapai dengan mudah dari Jakarta dengan waktu sekitar tiga jam saja.

Sukabumi sendiri memang telah lama menjadi arena favorit banyak klub petualang atau pecinta alam. Mulai dari trekking, arung jeram, MTB alias mountain biking, termasuk offroad. Hal ini tak lain karena kontur dan kondisi alam Sukabumi yang kaya dan masih natural.

Jenis mobil yang digunakan, minimal adalah jenis 4x2. Anda bisa memilih untuk menyewa kendaraan dari operator atau menggunakan mobil pribadi. Tentu saja bila menggunakan mobil pribadi, Anda harus mempersiapkan kemungkinan terburuk bahwa mobil Anda bukan hanya kotor, tapi juga bisa tergores pohon, batu, dan lain-lain selama di perjalanan.

Petualangan berawal dari kawasan di tepi Sungai Citarik. Dimulai dari pagi hari dengan durasi sekitar tiga jam (mulai jam 09.00 sampai 14.30). Meski terkesan cukup singkat, banyak sensasi petualangan yang akan Anda dapatkan. Dan tentu saja, offroad tak afdol rasanya bila tidak melalui jalan tanah atau medan yang menantang. Tapi, saat mengikuti trip ini, Anda tak perlu khawatir. Walau ada beberapa bagian yang akan cukup membuat deg-degan, medan yang dilintasi secara umum tidak terlalu berbahaya.

Dimulai dari jalan desa, Anda akan diajak melintasi kawasan perkebunan karet dan kelapa sawit yang rindang dan sejuk. Seperti kegiatan petualangan lainnya, kehati-hatian tetap sangat dibutuhkan. Pasalnya, di sepanjang rute ini, Anda akan menemui berbagai rintangan seperti jembatan kayu, kubangan air serta obstacle lainnya yang membutuhkan skill dan kewaspadaan.

Jadi, bukan tidak mungkin mobil Anda terjebak di dalam kubangan air yang cukup dalam. Namun tak perlu khawatir karena selalu ada guide yang akan menemani trip Anda. Dilengkapi mobil pendudukung yang akan membantu setiap peserta.

Seru untuk Si Kecil

Selama perjalanan, peserta akan berhenti di beberapa spot menarik. Sambil berhenti dan menikmati keindahan alam sekitar, para pemandu juga menggelar berbagai aktivitas menarik untuk si kecil, misalnya "berkenalan" dengan sejumlah pohon yang tnmbuh di sekitar lokasi pemberhentian. Mulai dari pohon pisang beserta jantungnya dan berbagai tumbuhan lain yang mungkin masih jarang bahkan asing bagi anak-anak yang terbiasa melihat "pohon beton" alias gedung bertingkat.

Selain itu, ada juga aktivitas menarik lainnya untuk si kecil, yaitu membuat piring. Bukan, ini bukan cara membuat piring dari keramik. Melainkan piring dari bahan-bahan alami yang dibuat dengan cara dianyam. Menarik bukan? Piring tradisional seperti ini masih dipergunakan oleh penduduk setempat untuk makan schari-hari. Tidak heran bila aktivitas yang menjadi alternatif seru untuk kegiatan keluarga ini, cukup banyak diminati. Arus Liar bahkan menyarankan para peserta yang berminat untuk melakukan reservasi sebulan sebelumnya.

Mengunjungi Kasepuhan

Trip lain yang lebih menantang untuk Anda ikuti adalah Jeep Tour. Dimulai dari camp site Arus Liar di Desa Cigelong. Trip yang berlangsung selama dua hari ini akan membawa Anda berpetualang, melintasi jalan-jalan di kawasan TNGH (Taman Nasional Gunung Halimun) yang memiliki koleksi flora dan fauna sangat beragam. Perjalanan dengan mobil offroad ini juga akan memperkaya pengalaman Anda sekeluarga dengan singgah di Desa Kasepuhan, sebuah desa unik di lereng Gunung Halimun. Anda pun bisa berbaur dengan masyarakat sekitar.

Selama di desa adat ini, Anda akan tinggal bersama masyarakat setempat dan menemukan tradisi yang nyaris tak berubah sejak ratusan tahun lalu. Anda juga berkesempatan ikut menanam padi di sawah, bersama para penduduk. Benih padi yang ditanam oleh penduduk Kasepuhan ini sangat unik karena merupakan benih yang masih orisinil dan masih terjaga sejak dulu sampai sekarang. Beras hasil tanam ini rasanya jauh berbeda dengan nasi dari beras biasa. Bila dimakan hanya dengan garam pun, tetap nikmat dan gurih. Tidak percaya? Silakan cicipi sendiri.

Kcunikan lain yang ditawarkan dari perjalanan ini adalah menyaksikan perayaan menyambut datangnya bulan purnama. Tradisi ini selalu dimeriahkan oleh iringan Dogdog Lojor, musik tradisional dari komunitas unik yang ada di Banten ini.

Sumber: Majalah Tamasya

Comments