Sudah Pernah Nyoba Arung Jeram di Citarik-Sukabumi

arung jeram di sungai citarik


Arung Jeram atau white water rafting bukan lagi sekadar hobi. Olahraga menyerempet bahaya ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian masyarakat modern. Terutama para eksekutif muda yang bosan dengan rutinitas pekerjaan.

Peluang bisnis kengerian yang bercampur kegembiraan mengarungi riam ganas pun sudah menjadi jualan beberapa operator arung jeram.

Sekelas aktor Adjie Massaid dan Harry Mukti yang sekarang menjadi dai sudah pernah menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari kegiatan bersahabat dengan keganasan alam ini. Bahkan menurut cerita-cerita sih, kabarnya, dari aktor Adjie dan penyanyi Harry Mukti boleh dikatakan menjadi pelopor olahraga yang akhirnya dikemas untuk orang awam.

Arung jeram juga cukup efektif membangun semangat team work. Mendayung bersama, mematuhi perintah kapten untuk pindah kiri atau kanan lebih lebih banyak manfaatnya dari sekadar in house training.

Satu perahu biasanya diisi dengan satu pemandu dengan duduk dibelakang, dan setiap penumpang dianggap sebagai pengarung jeram. Aba-aba pemandu harus dipatuhi bila tidak ingin petualangan dihiasi acara kecebur sungai Citarik.

Sungai Citarik, di Kecamatan Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, hanyalah salah satu lokasi yang dapat dijajal. Selain airnya relatif lebih jernih, jeramnya juga tidak terlalu berbahaya untuk pemula atau bahkan bagi yang tidak pandai berenang sekalipun.

Buat yang belum pernah berarung jeram pada siang hari, perasaan takut dan was-was tentu semakin besar. Namun, buat yang sudah mencoba, tantangan siang hari akan semakin kecil. Makanya, operator arung jeram harus mencari terobosan baru secara berkala agar acaranya tidak ditinggalkan penggemar.

Saya pun sempat mencicipi ber-arung jeram bersama teman-teman dengan pemandu dari Selaras Outbound. Wuih…dada ini dag..dig..dug…plaszszszszszsssss…jantungan bagi yang punya jantung lemah….Ayo..coba dan kamu pasti bisa.


::: Foto diambil pada bulan Juni tahun 2005 lalu. posisi belakang dari Selaras Outbound, Zaenal, Ari (belakang), Sulthon, Syamsul Ardhi (depan)

dicopy dari Cepy's site

Comments