Sekelumit tentang Napier

Hampir 4 tahun saya tinggal di kota Napier, New Zealand. Penduduknya tidak banyak. Total keseluruhan penduduk di nz kira-kira 4 juta orang dan di Napier sendiri 50 ribuan orang. Kebayang ga sih betapa sepinya. Sama aja kayak sewilayah bintaro. 4 jam dengan mobil dari Auckland dari atas atau 4 jam dari bawah Wellington. Letaknya ditengah, pesisir timur, north island

Tapi lama kelamaan saya menikmati juga kehidupan disini. Ketemu banyak orang, masuk satu komunitas dan join grup ini itu akhirnya banyak kenalan. Karena kebetulan suamiku (orang nz) suka petualangan, berburu rusa, dan banyak relasi di areal wildlife atau lingkungan akhirnya saya ikut jadi sukarelawan Kiwi Recovery Program.

Burung Kiwi merupakan icon di sini. Kontribusi masyarakatnya sangat tinggi untuk apalah itu namanya pelestarian alam, binatang, lingkungan. Banyak yang mau jadi sukarelawan untuk penyelamatan kehidupan satwa.

Sekedar informasi hanya 2 negara didunia yang engga ada ular. NZ dan Irlandia. Disini engga ada binatang buas. Aman kalau ke hutan, mau tidur ber atapkan langit dengan hanya pakai sleeping bag engga masalah. Yang problem disini cuma iklimnya yang suka berubah ubah. Jadi kalau mau hiking bisa download forecast dari departemen meteorologi & geofisika nya sini. Rinci dan jelas.

Berkat kerja sukarelawan akhirnya saya memutuskan untuk melamar pekerjaan di Kiwi Wildlife Reserve yang merupakan bagian dari departemen napier city council. Lucunya, kalau orang2 datang mau lihat kiwi atau nanya pekerjaan saya apa, mereka agak terheran-heran..loh koq orang asia??

Kemudian saya bergabung juga dengan salah satu klub tramping/hiking. Setiap 2 minggu sekali kita tramping keluar masuk hutan. Enaknya tramping disini semua informasi mengenai cuaca, walking track, map, safety precaution jelas.

Sekali lagi kenapa cuaca, karena letaknya yang engga jauh banget dari antartika, negaranya “long and skinny”, dipaling (bawah equator) , anginnya lebih banyak, sehari bisa 4/5 musim. Keliatannya cuaca pagi bagus ehhh engga lama angin, terus dingin. Berabe kan. Dibanding kota2 lainnya Napier boleh dibilang udaranya lebih hangat, karena dikelilingi pegunungan. Sekarang spring 18C. Summer bisa 29/30C

Alam di sini indah, banyak winery, toko coklat, toko keju. Ada kurang lebih 50 winery disini. Begitu summer (desember-maret) merupakan ajang wine festival, music. Akomodasi fully booked. Banyak orang datang dari luar napier hanya untuk mencoba wine dari satu tempat ketempat lain. Engga heran tiap2 hotel/motel atau winery nya sendiri menyediakan bus tour gratis. Karena kalau ketangkap polisi bawa mobil dalam keadaan mabuk atau lewat limit yang bisa ditolerir, finenya tinggi atau SIM dicabut.

Kemana-mana di napier engga jauh, semuanya in driving distance. Paling jauh nyetir untuk lihat tempat2 bagus atau ke winery engga sampai 1 jam.

Satu lagi yang terkenal disini kotanya yang beraksitektur Spanyol atau Mediterranian. Festival yang terkenal Art Deco. Sebulan penuh bulan February dan di hari2 tertentu menyelenggarakan acara yang berkaitan dengan festival, ada acara yang namanya Gatsby Picnic, penduduknya berkostum ala tahun 30an. Iseng juga saya ikutan sama temen2. Kita sewa pakainnya dan bergabung dengan orang lainnya piknik.

Eh! ada satu restoran Indonesia loh disini. Pernah nyoba tapi koq rasanya...gimana ya…engga jelas. Memang agak susah nemuin yang otentik jual bumbu masakan asia. Ada juga Thai. Rasanya malah jadi agak2 ke Thai. Dekorasi dalam ruangannya ribet..kebanyakan art indo, jadi kesannya malah sumpek. Yang punya orang Belanda tapi bulan kemarin dijual ke orang Australia. Makanya pengen nyoba lagi nih under new management, apa lebih baik?

Oh ya., bulan agustus kemarin city council mengundang semua orang asing yang sudah resident disini antara 2-10 tahun untuk bergabung/ramah tamah di salah satu winery. Ada sekitar 100 dari berbagai macam negara.

Mereka meminta kita2 untuk menjadi duta mempromosikan napier di luar negeri. Jadi di video in deh 2 minggu lalu. Dalam bahasa inggris dan bahasa masing2 kontestan. Semua di muat di youtube (in English). Dari 56 kontestan 5 orang dari Germany, Rusia, Polandia, Portugal dan saya Indonesia dimuat di national tv dengan bicara bahasa masing2. Kebayang donggg ngomong Indo di national tv New Zealand, prime time, jam2 nya sibuk orang depan tv. Telepon, sms dari relasi atau teman hampir tiap hari menanyakan: bahasa apa si tuh?, ngomong apa?

Terimakasih,
Vietta Siagian

Penulis : Vietta Siagian - Napier, New Zealand
Sumber : Kompas Community

AIR

VACATION

HOTEL

Comments