Pantai Kuta

Pantai KutaSatu siang yang terik, saya menjemput dua orang rekan sekantor di airport Ngurah Rai Bali. Dimobil, keduanya bilang, kami ingin melihat pantai Kuta. Saya bengong sesaat, kalian belum pernah lihat pantai Kuta? Mereka hanya tau Kuta dari Koran, TV, dan buku pelajaran SMP dulu ketika disekolah.

Bali memang tidak bisa lepas dari Kuta. Bibir pantai diwilayah banjar desa adat Kuta inilah yang beken seantero jagat sebagai destinasi wisata pantai. Bahkan bisa dibilang, pariwisata nasional pertama yang paling berhasil dalam sejarah republik ini berasal dari tumbuhnya wisata disini.

Jadi, bila ke Bali tidak melihat pantai Kuta, lebih baik jangan bilang pernah ke Bali, Malu-maluin deh. Hampir semua travel agen diseluruh dunia, buku pariwisata, dan situs travel, tidak lupa mencantumkan pantai Kuta sebagai destinasi wisata yang asik. Begitu banyak tipe “fun time and leisure” diarea ini, siang dan malam nonstop 24 jam.

Pantai KutaJarak pantai Kuta dari airport Ngurah Rai hanya membutuhkan waktu tempuh 30 menit. Sangat dekat dan mudah dijangkau. Letak pantai dicekungan yang membuat ombak pantai ini tidak seganas ombak diwilayah selatan Bali yang berhadapan langsung dengan Samudra Indonesia.

Pantai Kuta berpasir putih halus, tanpa karang, menjadikan lokasi ini sangat ideal didatangi turis. Terutama turis bule yang mencari sinar matahari, berjemur sambil berenang dan surfing disini. Sea, Sand, Sun, Surf, and Shopping kemudian melekat erat menjadi identitas Kuta hingga kini.

Dan memang, sepanjang koridor jalan di Kuta, kita akan melihat banyak galeri dan toko yang mengusung tema diatas itu. Surf board, sun glasses, celana pantai, asesoris ala beach boy, sun lotion dan lain-lain bertebaran rata disana sini. Inilah surga bagi siapa saja yang suka olahraga pantai.

Pantai KutaKarena turis banyak tumpah ruah disini, sudah tentu bermunculan pula bisnis hotel, rumah makan, dll. Nyaris semua sudut jalan tidak ada yang kosong, semuanya dimanfaatkan untuk berbisnis. Mencari penginapan disini tidak terlalu pusing.

Dari hotel kelas diatas $400, hingga nice cottages paling rendah 75 ribu permalam tersedia disini. Penginapan yang berada tepat dipinggir jalan Kuta dan bisa dimasuki mobil memang akan berharga tinggi. Sedangkan penginapan yang masuk kejalan kecil akan lebih murah.

Semakin masuk lagi kedalam gang kecil, alias hanya bisa dimasuki sepeda motor saja atau jalan kaki, maka akan makin murah. Misal foto dibawah ini, kamar nyaman ini cuma 150 ribu permalam, plus AC, hotwater, TV. Letaknya masuk dijalan kecil dekat Double Six atau jl. Bagus Taruna, atau sekitar 2 km dari pantai Kuta.

Pantai KutaBelakangan ini, bukan cuma Kuta yang beken, tapi desa tetangga Kuta ikut kena rejeki. Wilayah didekatnya yang terkenal dalam satu garis adalah Legian, dan Seminyak. Kini wilayah ini dikenal dengan sebutan “KUTA LINES”, maksudnya adalah Kuta-Legian-Seminyak.

Jalan kecil diseputar Kuta Lines selalu ramai siang dan malam seperti: Padma, Double Six, Putra Bagus Taruna, Werkudara, Arjuna, dll. Ramainya wilayah ini terkenal dengan deretan toko toko, pub, café, juga diskotik. Jadi, jika kemari dan pengen murah menginap, cobalah cari dijalan kecil saja. Dijamin uang tidak terkuras habis.

Penulis : Silhouette
Lokasi : Kuta, Kuta Utara, Badung
Fotografer : Silverum
Sumber : navigasi.net

AIR

VACATION

HOTEL

Comments